Hal yang dipelajari :
Anak-anak dapat mengetahui gerak dasar lari estafet dengan modifikasi alat dan ruang. Mereka dapat mengendalikan dan melatih keseimbangan badan, kecepatan dan kelincahan berlari, serta ketepatan memasukan bendera ke dalam ember/kaleng.
Anak-anak dapat mengetahui gerak dasar lari estafet dengan modifikasi alat dan ruang. Mereka dapat mengendalikan dan melatih keseimbangan badan, kecepatan dan kelincahan berlari, serta ketepatan memasukan bendera ke dalam ember/kaleng.
Peralatan:
- Bendera
- Garis start/Finish
- Ember/Kaleng
Petunjuk permainan:
Tahapan untuk permainan ini adalah :
Tahapan untuk permainan ini adalah :
- Bagi anak menjadi 2 kelompok, minimal 5 orang per kelompok
- Siapkan garis start dan bariskan anak di belakang garis start
- Simpan Ember/Kaleng di depan garis start sejauh +10 - 20 meter
- Anak berlari untuk mengambil benderadan memindahkannya ke ember/kaleng yang telah disiapkan
- Setelah itu, anak berlari kembali ke garis start/awal dan melakukan “toss” kepada pelari selanjutnya.
- Kelompok usia 4 – 15 tahun
- Jumlah Pemain 10 orang/2 kelompok(disesuaikan)
- Durasi disesuaikan
Peraturan permainan :
- Anak yang paling depan berlari dari belakang garis start
- Pelari mengambil bendera yang berada di depannya,kemudian pelari berlari ke ember/kaleng kosong dan menyimpan bendera dengan tepat dan kembali ke garis start
- Pelari ke dua berlari setelah pelari pertama melakukan “toss” kepadanya. Kemudian pelari kedua melakukan tugas yang sama dengan pelari pertama.
- Lakukan gerakan yang sama, sampai dengan pelari terakhir.
- Kelompok yang lebih dahulu menyelesaikan tugasnya menjadi pemenang.
- Permainan dapat dilakukan berulang-ulang.
- Ingatkan anak harus tepat memasukkan bendera ke dalam ember/kaleng
- Perhatikan posisi start anak, anak melakukan tos di belakang garis start.
Evaluasi :
- Guru/fasilitator dapat menilai kemampuan dasar atletik anak dari gerak lari estafet, dan sebagai tindak lanjut pengembangan kemampuan gerak lainnya.
- Guru/fasilitator dapat mengukur kecepatan, kelincahan, dan ketepatan menyimpan bendera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar